Laman

Selasa, 01 Januari 2013

TIPS - TIPS KESEHATAN


Menjaga Kesehatan Telinga
MENJAGA dan merawat kesehatan telinga bukan hanya sekadar menbersihkannya dengan cotton bud. Banyak yang harus dilakukan agar organ pendengaran tetap sehat. Nah, seperti yang dikutip dari beberapa sumber, berikut di antaranya:
1. Kurangi intensitas penggunaan earphone : Tanpa disadari, mendengarkan musik dengan menggunakan earphone apalagi dengan volume yang terlalu keras bisa menyebabkan gangguan pada organ pendengaran. Paparan kebisingan di atas 100 dB selama lebih dari 1 jam setiap hari dalam waktu lima tahun dapat menyebabkan seseorang untuk menderita kehilangan pendengaran secara permanen.
2. Jauhi suasana yang terlalu bising : suasana yang terlampau bising seperti jalan raya, studio musik, atau mendatangi konser juga bisa memperparah kondisi kesehatan organ pendengaran. Paling tidak mengurangi intensitasnya merupakan langkah yang bijak.
3. Gunakan alat pengaman seperti helm dengan standar yang baik atau pelindung telinga saat berkendara. Langkah ini juga bisa dilakukan saat berada di tempat yang bising karena suara mesin seperti di pabrik.
4. Cotton bud hanya bisa Untuk menjaga kebersihan telinga juga harus hati-hati. Jangan sekali-kali untuk membersihkan telinga dengan jari atau benda runcing selain cotton bud. Meskipun cotton bud terbilang efektif, penggunaannya juga harus hati-hati. Bersihkan hanya bagian daun telinga dan rongga luar. Dikhawatirkan jika membersihkan hingga ke dalam lubang telinga, cotton bud justru akan mendorong serumen (kotoran telinga) ke tempat yang lebih dalam. Jika serumen terakumulasi di daerah gendang telinga, serumen tersebut bisa menyebabkan tinnitus atau radang pada gendang telinga.
5. Cara sederhana, gunakan handuk lembut yang direndam dalam air hangat. Bersihkan bagian luar dari lubang telinga secara perlahan.
6. Pastikan Anda memeriksa kesehatan telingan Anda ke dokter THT paling tidak satu tahun sekali.
Penyakit Rematik
Rematik adalah penyakit yang pada umumnya diderita oleh orang-orang yang sudah berumur. Hal ini sebenarnya asumsi yang masih kurang tepat. Memang pada zaman dahulu, rematik sering diderita oleh orang-orang yang sudah cukup umur. Tetapi lain halnya dengan sekarang. Penyakit ini bisa menyerang kepada siapa saja.  Gejala-gejala dari penyakit ini biasanya diawali dengan adanya nyeri-nyeri di bagian persendian dan menimbulkan kaku. Sedangkan bila rematik telah menyerang seseorang pada bagian persendian memerah dan terasa panas sehingga sendi tidak dapat digerakkan karena terasa lemah. Biasanya kondisi ini diikuti oleh demam, turunnya berat badan, serta nyeri yang berkepanjangan.
Penyakit rematik memang penyakit yang tidak mematikan, tetapi tidak dapat dianggap sepele. Karena sampai saat ini penyakit rematik termasuk penyakit yang .sulit diobati. Bahkan dunia klinis belum mengetahui penyebab dari penyakit ini.
Rematik adalah penyebab rasa sakit pada otot dan jaringan ikat. Jika gejala rasa sakit ini sampai menyerang satu atau beberapa persendian tulang, penyakit ini dijuluki artritis. Jika menyerangnya cukup lama, maka bisa menyebabkan penyakit rematik arthritis.Rematik arthritis biasa menyerang persendian kaki dan tangan, terutama pada ruas-ruas jari dan persendian jari kaki, tangan, lutut, tumit dan leper. l'eradangan dari persendian itu lambat laun dapat berkembang menjadi kerusakan persendian. Pada beberapa kasus rusaknya sendi dapat membawa kelumpuhan atau cacat.
Penyakit yang menyebabkan nyeri sendi sebenarnya termasuk penyakit degeneratif yang selalu mengikuti perjalanan usia seseorang. Bagi orang yang sudah berusia di atas empat puluh dan masih sering beraktivitas, akan sering sekali merasakan nyeri sendi dan tulang. Akibatnya penyakit ini sulit sekali untuk disembuhkan, meskipun telah minum obat, jamu, dan terapi penyembuhan. Karena memang penyakit ini tidak dapat disembuhkan sedangkan obat hanya mengurangi rasa sakit saja.
Selain mengurangi rasa nyeri dengan obat-obatan, atau jamu. Terdapat cara yang lebih efektif untuk mengatasinya. Antara lain : rajin berolahraga, istirahat cukup, pola makan seimbang, jangan duduk terlalu lama, banyak minum air putih (10 gelas per hari), posisi duduk  dan berdiri harus benaragar tidak gampang nyeri sendi.
Mengatasi Bau Mulut
Bau mulut yang dialami oleh seseorang akan menimbulkan masalah besar. Karena dengan adanya ini akan mengurangi rasa percaya diri seseorang dalam pergaulan, atau akan menimbulkan hambatan besar. Lebih-lebih bagi seorang wanita. Bau mulut yang terjadi bisa disebabkan oleh berbagai masalah dan akan memiliki dampak yang beraneka ragam. Bau mulut ini sebenarnya salah satu bagian dari penyakit, sehingga memerlukan pengobatan yang intensif juga. Di saat sekarang banyak produk yang menawarkan untuk mengatasi ini. Tetapi kebanyakan hanya bersifat instan dan mempunyai efek samping bagi penggunanya. Memang ada cara-cara tradisional, yaitu berkumur menggunakan daun sirih yang tidak memiliki efek samping dan itu pun hanya sebatas kepada orang yang mengalami masalah pada gigi atau gusi. Untuk lebih jelasnya penyebab dari bau mulut ada beberapa pokok.
a. infeksi di rongga gigi
b. gigi keropos atau berlubang
c. gusi bengkak atau infeksi
d. infeksi amandel
e. karang gigi
f. lidah meradang
g. kanker di daerah mulut
h. badan tidak fit
i. perut kosong
j. kekurangan vitamin B 12
Bau mulut yang disebabkan oleh faktor sederhana, itu mudah dihilangkan dan diatasi. Cara mengatasinya pun tidak sulit seperti, menggosok gigi, menambal gigi yang berlubang, atau menggunakan obat kumur. Untuk bau mulut yang disebabkan oleh penyakit ringan, ini juga mudah untuk diatasi. Yaitu dengan mengobati penyakitnya sampai sembuh, seperti infeksi amandel, infeksi gusi dan infeksi di rongga mulut.
Ada bau mulut yang disebabkan oleh penyakit penyakit yang memang memerlukan pengobatan jangka panjang dan bau mulut itu bisa hilang bila penyakitnya memang benar-benar telah sembuh. Penyakit-penyakit yang menjadi indikator dengan bau mulut, seperti :
1. Penyakit raja singa (sifilis) atau orang yang terserang kuman kencing nanah (gonorea)
2. Orang yang mengidap herpes di lidah atau selaput lendir lidah yang menyerupai sariawan.
3. Terserang kuman difteri, campak, leukemia, dan tuberkulosa
4. Pengidap penyakit paru-paru, hidung, lambung, usus, hati dan ginjal
5. Tersumbatnya benda asing di dalam rongga hidung, seperti tisu dan sebagainya sehingga bau busuk menyusup keluar dari mulut.
6. Gangguan pada hati yang menyebabkan hembusan bau amis pada mulut
7. Kerusakan pada ginjal sehingga mulut bau pesing
8. Pengidap diabetes
Tempat Tak Terduga Favorit Bakteri
Karena ukurannya yang renik, kuman dan bakteri tidak bisa kita lihat, sentuh, atau cium baunya. Namun, sebersih apa pun suatu benda terlihat, bisa dipastikan bahwa benda itu dipenuhi bakteri, termasuk di permukaan kulit kita. Faktanya, bakteri memang ada di mana-mana. Cermati tempat-tempat tak terduga berikut, tempat favorit bakteri bersarang.
§         Menu restoran
Mungkin Anda mengira tangan Anda cukup bersih sebelum duduk di meja restoran. Namun, apakah tangan Anda sudah dicuci saat makanan terhidang di meja Anda? Penting diketahui bahwa menu restoran banyak mengandung kuman karena banyaknya tangan yang sudah menyentuhnya.
§         Tas kosmetik
Bila Anda bukan orang yang gemar berbagi kosmetik dengan orang lain, maka jumlah bakteri yang menghuni tempat kosmetik Anda akan minimal. Lain halnya jika Anda sering tukar-menukar alat kosmetik dengan orang lain. Itu sebabnya, biasakan mencuci tangan sebelum mengaplikasi kosmetik ke wajah Anda.
§         Mainan anak
Bila balita Anda suka memasukkan mainan ke dalam mulutnya, rajin-rajinlah menjaga kebersihannya. Mainan anak tidak bebas dari kotoran dan debu karena itu harus dicuci secara berkala. Untuk mainan berbulu lembut seperti boneka, Anda bisa membawanya ke binatu.
§         Majalah di ruang tunggu dokter
Selain karena disentuh oleh banyak pasien, majalah di ruang tunggu dokter pada umumnya juga lembab sehingga bakteri senang tumbuh di sana. Penelitian menunjukkan, virus flu bisa bertahan selama dua minggu di sana.
§         Kantong belanja
Gaya hidup "hijau" bisa membuat Anda sakit jika Anda tidak rajin mencuci dan mengeringkan kantong belanja daur ulang yang rutin dibawa belanja. Separuh dari kantong belanja yang diuji oleh tim dari University of Arizona terdapat mikroba berbahaya, termasuk E.coli.
§         Talenan dan pisau
Gunakan selalu talenan dan pisau yang berbeda untuk bahan mentah dan masakan matang. Talenan dan pisau yang biasa dipakai untuk memotong bahan mentah, seperti daging atau sayuran, bisa menjadi sarana penularan bakteri
Handphone dan Resiko Bagi Pemakainya
Handphone atau telepon selulair saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan penting manusia. Tak hanya buat masyarakat diperkotaan tapi juga sampai ke pelosok desa. Salain unuk komunikasi, juga berkaitan dengan gaya hidup. Makin mahal ponselnya, kian manik gensi pemakainnya. Tapi masih belum banyak yang tahu bahwa sang ponsel bisa membahayakan pemakainnya. Hal ini sebetulnya memang bukan temuan baru. Kecurigaan para pakar terhadap dampak buruk HP telsh ada sejak awal.
BISA PICU TUMOR OTAK ANAK.
Salah satu sisi negatif pengguna Handphone sudah banyak dibicarakan dan diperdebatkan. Misalnya, seperti isu terlkait penggunaan handphone yang salah dapat memicu kanker dan tumor otak. Perang debat ini rupannya belum usai, yang terbaru  datang dari Iternational EMF( Electromagnetic Field) Collaboration.
Dalam laporan setebal 37 halaman yang ditulis kelompok peneliti international tersebut, mereka mengakui adanya kemungkinan munculnya penyakit ganas ini akibat terstimulasi penguna handphone . Terlebih bagi anak-anak . Kelompok ini mendukung pembatasan penggunaan alat komunikasi ini dikalangan anak dibawah umur, seperti yang telah dijalankan dibeberapa negara Eropa yang memiliki perhatian khusus terhadap isu ini.
"Beberapa negara telah melarang penggunaan telepon gengam  atas dasar kesehatan. Salah satunya adalah Perancis. Murid taman kanak=kanan hanya boleh menggunakan  telepon gengam unutk kirim SMS" ujar salah seorang penulis laporan. Lloyd Morgan. Dilanjutkannya, kehadiran telepon gengam  tak bisa memungkiri memeng sangat berguna  bagi kehidupan manusia. "Namun yang saya takutkan  nanti akan terjadi gelombang "Tsunami" tumor otak, meski masih terlalu cepat untuk memantaunya sekarang, karena tumor memiliki 30 tahun latensi"ungkap Morgan.
Namun kekhawatiran   intu langsung dibantah oleh kelompok yang mewakili industri Wireless dan produsen telepon gengam. John Wal, vice president Public Affaira TIA mengatakan, sejumlah organisasi kesehatan telah manmpik isu perangkat wireless yang ditakutkan jadi memicu tumor. "American Cancer Society, the national cancer Administration , telah meyakinkan bahwa  peranngkat wireless  aman bagi kesehatan" tuturnya.
TULANG PINGUL KEROPOS.
Selain bisa memicu tumor otak anak, ternyata HP juga dituding sebagai penyebab tulang keropos. Sebuah studi yang dilakukan  di Turki  menyebutka, menaruh HP dekat wilayah pinggul  dapat mangurangi kepadatan tulang di area Pelvis  yang umum dipakai untuk pencangkokan tulang. Menurut tim dari Suleyman Demirel dari Universitas  di Isparta Turki, hal ini bisa terjadi karena bidang elektromagnetik yang diemisikan oleh telepon sesulair membahayakan kepadatan tulang. Karena itu mereka menghimbau agar HP masa depan bisa mengurangi paparan bidang electromagnetik  terhadap penggunaannya.
Dalam studinya para peneliti menggunakan X-ray absorptiometry unutk mengukur kepadatan tulang bagian lingkar   atas  pelvis  atau iliac wings pada 150 pria yang memiliki kebiasaan menaruh ponsel diikat pinggang mereka. Rata-rata mererka terbiasa melakukan hal itu sekitar 15 jam  sehari  dan telah menggunkan HP selama 6 tahun. Hasilnya ditemuka, para partisipan itu mengalami penurunan kepadatan tulang pada  sisi pelvis  yaitu tempat mereka biasa membawa HP. Tapi, perbedaannya ternyata tak terlalu signifikan secara statistik dan tidak mendekati  batas  penurunan kepadatan tulang jika dibandingkan dengan  penderita osteoporosis. Perlu diketahui juga bahwa para partisipan tersebut relatif masih muda, rata-rata berusia 32 tahun. Nah diprediksi penurunan kepadatan tulang akan terus berlanjut seiring pertambahan umur mereka.
"Saran kami, ada baiknya mulai menghilangkan kebiasaan itu. Pastikan ponsel anda berada jauh dari tubuh." Kata Dr. Tolga Atay. Iliac wings dan pelvis digunakan secara luas  untuk mencangkok tulang. Artinya, pengurangan kepadatan tulang  akan mempengaruhi operasi konstruksi. Dalam proses dimana kepadatan tulang sangat penting untuk mendapatkan hasil yang baik, dokter bedah harus mempertimbangkan efek paparan bidang elektomagnetik sang HP. Jadi, mulai sekarang jangan coba-coba mengantungkan HP didaerah pinggang. Soalnya bisa brabe..
Gizi dan Makanan Sehat
VITAMIN DAN MINERAL adalah zat utama bagi kesehatan tubuh. Ada bermacam jenis vitamin dan mineral, seperti Vitamin A, B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6, B12, Biotin, Chofin, Asam Folat & Inositol), C,D, E, Kalsium, Florida, Vodium, Zat Besi, Kalium Natrium, dan sebagainya. Jumlah kebutuhan yang disarankan untuk setiap hari, berbeda pada setiap orang, tergantung pada umur dan jenis kelaminnya. Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan mineral adalah dari makanan sehari-hari.

Diet seimbang dengan makanan bervariasi, seperti biji~bijian/sereal, ikan, ayam, .daging, susu, telur, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran hijau yang segar,'cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan demikian tubuh tidak lagi membutuhkan tambahan vitamin atau mineral, kecuali pada kea­daan khusus. Perubahan gaya hidup telah membua,t orang mengabaikan diet ini. Namun pada sU!itu saat, ia pasti akan membutuhkan tambahan suplemen vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Pada tahap kehidupan tertentu, seperti kehamilan misalnya, kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral tertentu meningkat. Pada beberapa kasus, meminum suplemen merupakan cara paling praktis dan efisien untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Begitu juga pada usia lanjut, dibutuhkan sejumlah tambahan suplemen karena kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi mulai menurun.
Pada golongan masyarakat perokok yang umumnya hanya mengonsumsi sedikit makanan yang mengandung vitamin, dibutuhkan suplemen vitamin E dan antioksidan untuk membantu tubuh mela­wan kerusakan paru-paru. Begitu juga pada orang yang berolahraga secara berlebihan, mereka memanfaatkan antioksidan untuk menetralisir radikal bebas dala~ tubuhnya agar darah dan tulang persendian mereka tetap sehat.
Seorang vegetarian yang menerapkan pola diet khusus (tidak mengonsumsi daging), sulit mendapatkan vitamin maupun mineral secara alami. Agar ia tetap sehat selama menjalani diet hanyalah dengan meminum suplemen. Begitu juga mereka yang menjalani diet penurunan kalori atau diet rendah lemak. Mereka bisa meman­faatkan suplemen multivitamin dan mineral untuk meningkatkan kadar nutrisi yang sebelumnya didapat dari makanan. Nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, selenium, dan bioflavonoid, umumnya hanya dikonsumsi untuk mencegah suatu penyakit.
Coklat Membuat Hidup Lebih Sehat
Sejarah Coklat
Para ahli botani menyetujui bahwa pohon coklat atau kakao (Theobroma cacao) sudah tumbuh di daerah Amazon dan lembah Orinoko di Amerika Selatan sejak ribuan tahun yang lalu. Bangsa Maya yang pertama kali mengolah pohon coklat. Kebiasaan ini juga dibawa ketika mereka pindah ke dataran Yukatan. Bangsa Aztek kemudian memperkenalkan coklat yang pahit sebagai minuman. Biji coklat dicampur dengan jagung ataupun anggur yang telah difermentasi lalu disajikan pada cangkir yang terbuat dari emas. Kaisar Aztek yang bernama Montezuma memiliki kebiasaan minum coklat lebih dari 50 cangkir coklat per hari.
Penjajah asal Spanyol yang bernama Hernán Cortés (1485-1547) saat menjajah wilayah tersebut pada awalnya tertarik pada cangkir emas dibanding isinya yaitu minuman coklat. Namun dia juga mengamati bahwa bagi Bangsa Aztec, kakao atau biji coklat juga digunakan sebagai uang. Karena itu, ia segera mendirikan beberapa perkebunan coklat. Perkebunan yang disebut sebagai "emas berwarna coklat" ini berkembang dan hasilnya digemari, sehingga Spanyol mengendalikan perdagangan coklat pada abad ke-18. Kemudian coklat diperkenalkan ke daratan Eropa dan dijadikan bahan campuran kue.
Pada pertengahan abad ke-19, Swiss memulai mengembangkan dan memasarkan coklat sebagai makanan ringan. Sehingga coklat yang tadinya hanya sebagai minuman kemudian berkembang menjadi makanan ringan yang dapat mencair di lidah. Swiss juga menjadi terkenal sebagai negara penghasil coklat terbaik.
Kemudian para pengusaha yang cerdas seperti Hershey, Kohler, Lindt, Nestlé, Peter, Suchard, dan Tobler —nama mereka menjadi merk coklat ternama saat ini— membuat kontribusi yang besar untuk industri coklat. Mereka menemukan mesin pengolahan coklat yang lebih efisien maupun menemukan metode pengolahan coklat yang lebih baik

Main di Lumpur Bikin Anak Pintar
Kebanyakan orangtua biasanya akan khawatir bila melihat buah hatinya bermain di lumpur. Tetapi tampaknya kekhawatiran tersebut bisa berkurang karena studi terbaru menemukan bahwa bermain di lumpur bisa membuat anak lebih pintar.

Ada kabar baik bagi orangtua yang sering cemas tentang kebersihan anaknya, terutama karena anak-anak sangat suka bermain kotor di lumpur. Peneliti dari Kidsafe NSW Playground Advisory Unit menemukan bahwa bermain di lumpur bisa membuat anak lebih pintar.

Penelitian tersebut menunjukkan sisi positif dari bakteri tanah yang dapat dihirup anak ketika bermain lumpur. Peneliti mengatakan bahwa kotoran bakteri Mycobacterium vaccae yang banyak di lupur dapat menavigasi labirin kompleks di otak dua kali lebih cepat.

“Selama bertahun-tahun, orangtua selalu berusaha menjaga anaknya agar bersih, salah satunya melarang main lumpur. Dan kini kami bisa memberikan alasan positif agar anak bisa bermain di lumpur,” kata Kate Fraser, manager program Kidsafe NSW Playground Advisory, dilansir Medindia, Selasa (29/11/2010).

Menurut Fraser, tak hanya perlu membuat taman bermain yang aman, tetapi juga harus menawarkan sejumlah risiko yang bisa dikontrol.

“Ini merupakan tindakan penyeimbang yang nyata,” kata Fraser lebih lanjut.

Fraser mengatakan bahwa bakteri tanah yang banyak terdapat pada lumpur juga dapat meningkatkan kadar serotonin, sehingga dapat mengurangi kecemasan yang akhirnya dapat merangsang pertumbuhan neuron tertentu di otak.

Namun Fraser mengingatkan orangtua juga harus berhati-hati memilih lumpur, karena beberapa lumpur dapat tercemar dengan bakteri yang berbahaya.

“Selama arahan keselamatan diikuti, maka bermain di lumpur bisa menjadi pengalaman yang hebat untuk anak,” kata Fraser. 


sumber
detik.health.com/tips_kesehatan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar